Sport

MotoGP 2023: Geber Ramhonda, Alex Rins Pamer Helm Baru Tanpa Livery

Momen yang paling menarik atensi saat Alex Rins menggeber CBR1000RR R di sesi latihan adalah hadirnya helm baru sang pembalap. Kendati berwarna full hitam, namun ada satu tulisan yang mencolok pada helm anyar Alex Rins. "Scorpion" merupakan helm resmi yang digunakan Alex Rins pada MotoGP 2023.

Sayangnya, Scorpion maupun Alex Rins belum memberikan teaser seperti apa livery untuk helm yang digunakan pembalap LCR Honda pada MotoGP 2023 nanti. Alex Rins diketahui memanfaatkan waktu senanggangnya untuk melakoni sesi latihan. Sesuai regulasi, mantan pembalap Suzuki Ecstar ini menggunakan superbike standar.

Hasilnya, dalam sesi latihan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Alex Rins menggeber Honda CBR1000RR R. Dalam unggahannya di media sosial, Alex Rins menamakan motornya tersebut dengan Ramhonda. Sebagai pengingat, latihan yang bisa dilakukan pembalap MotoGP diperbolehkan setiap saat di sirkuit mana pun, kecuali dalam 14 hari sebelum GP di sirkuit tersebut.

Dalam kasus penggunaan model motor 1000cc yang secara kubikasi mirip motor MotoGP. Latihan hanya dapat digunakan menggunakan sepeda motor yang benar benar standar, dengan pengecualian roda, rem (cakram karbon tidak diperbolehkan), suspensi, ban (komersial), pijakan kaki, setang, tuas kontrol dan trim yang mungkin dalam bahan yang berbeda dari standar tetapi desainnya harus identik dengan aslinya dan bukan merupakan part kompetisi. Uniknya dalam sesi latihan tersebut, Alex Rins memperkenalkan helm baru Scorpion EXO R1.

Sebelumnya, Rins menggunakan helm produksi Nolan. Bergabungnya Rins ke Scorpion menggantikan Fabio Quartararo yang berlabuh ke pabrikan helm Korea Selatan, HJC. "Tahun baru berarti awal yang baru . Dalam petualangan baru saya dengan LCR , saya tidak akan memakai helm Nolan dan Starline Designers. Saya sangat berterima kasih kepada mereka atas komitmen dan kepercayaan mereka selama ini ”. terang Rins, seperti yang dikutip dari laman . Namun pendukung Alex Rins maupun penikmat ajang balap MotoGP wajib bersabar dengan sepertiapa penampaan helm sang rider.

Pasalnya dalam perkenalan helm barunya, Alex Rins menggunakan helm yang bukan untuk race di MotoGP 2023. Belum ada livery yang terpampang di helm tersebut. Hal ini berbeda dengan Fabio Quartararo maupun Aleix Espargaro.

Fabio Quartararo yang menjadi bagian dari HJC. Dalam perkenalan, El Diablo langsung menunjukkan helm anyarnya lengkap dengan livery wajah sang Iblis. Pun dengan Alex Espargaro yang menggunakan helm asal Jepang, Kabuto. Helm anyar pembalap Aprilia ini berwarna monokrom. Pada helm anyarnya, terdapat tulisan MIPS, yakni keterangan dalam helm tersebut ada teknologi yang berfungsi untuk melindungi bagian otak sang pembalap dari benturan ketika terjadi kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *