Nasional

Jalani Pemeriksaan, Eks Mendag Lutfi Telah Tiba di Kejaksaan Agung Rabu Pagi Ini

Eks Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi telah mendatangi Kejaksaan Agung (Kejagung), Rabu (22/6/2022) pukul 9.15 WIB. Dikutip dari tayangan Kompas Tv, Muhammad Lutfi terlihat telah menuruni mobilnya dan masuk ke ruang Kejagung. Kedatangannya ini tak lain untuk dimintai keterangan perihal kasus korupsi pemberian izin ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya, termasuk minyak goreng pada periode 2021 2022.

Padahal, Muhammad Lutfi baru saja dicopot jabatannya dari Mendag pada Rabu (15/6/2022) lalu. Kepada awak media, Muhammad Lutfi mengatakan akan menyampaikan hasil kelanjutan kasusnya usai pemeriksaan kepada dirinya selesai. "Betul (Eks Mendag Muhammad Lutfi akan diperiksa Rabu (22/6/2022 sebagai) saksi," kata Supardi dikutip , Selasa (21/6/2022).

Diketahui, dalam kasus ini,Kejaksaan AgungRI diketahui telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Pedagangan Indrasari Wisnu Wardhana dan Lin Che Wei (LCW) alias Weibinanto Halimjati selaku pendiri dan analis Independent Research & Advisory Indonesia. Sementara tiga orang lainnya merupakan pejabat dari perusahaan eksportir yaitu Stanley MA selaku Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group dan Master Parulian Tumanggor selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia.

Termasuk juga Picare Tagore selaku General Manager PT Musim Mas. Sebelum bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Mendag, M Lutfi telah menduduki jabatan strategis di pemerintahan. Mengutip Kompas.com, ia menjabat sebagai Mendag sejak akhir 2020, menggantikan Agus Suparmanto yang saat itu juga terkena reshuffle.

Hingga Lutfi harus berhadapan dengan gejolak harga hingga kelangkaan minyak goreng yang pada akhirnya membuatnya harus rela terdepak dari kursi Mendag. Lutfi pun menyampaikan permohonan maaf lantaran tak mampu menormalisasi harga minyak goreng. Sebelumnya, Muhammad Lutfi juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan masa jabatan 14 Februari 2014 20 Oktober 2014, untuk mengantikkan posisi Gita Wirjawan.

Lufti juga sempat menjabat posisi lain setingkat menteri, yakni sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2005 2009. Saat itu, Lutfi tercatat sebagai Kepala BKPM termuda di Indonesia karena baru berusia 36 tahun. Tahun 2010 2013 ia menjabatsebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang.

Saat menjabat Kepala BKPM, usianya masih 36 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *