Corona

Bukan Endemi, Pakar Epidemiologi Sebut Target Situasi Covid-19 Adalah Terkendali Usai Pandemi

Pemerintah harus membangun komunikasi secara baik. Kabar positif disampaikan, sedangkan informasi negatif atau bahkan ancaman tetap diberi tahu pada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak terlalu euforia dan kebablasan dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Karenanya, perlu kewaspadaan tinggi serta kehati hatian.

Hal ini disampaikan oleh Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman. Dan sekali lagi, situasi negara atau wilayah yang abai, memberikan kelonggaran pada virus untuk bisa bersirkulasi menghasilkan varian atau sub varian. Atau, lebih merugikan dengan memundurkan upaya global dan nasional menuju pandemi terkendali. Di sisi lain Dicky menekankan setiap negara boleh menargetkan endemi sebagai tujuan usai pandemi.

"Negara di dunia, mengelola suatu penyakit wabah, tujuan kita adalah terkendali. Endemi bukan bagus tapi buruk. Ada kematian, sosial, termasuk pada fasilitas kesehatan yang merugikan," kata Dicky lagi. Ketika masyarakat abai dan melonggarkan protokol kesehatan dan euforia berlebihan, maka berisiko menurunkan target dalam pengendalian pandemi Covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *