Informasi

Kenali Fungsi dan Cara Kerja Bucket Wheel Excavator

Memiliki ukuran yang begitu besar, Bucket Wheel Excavator sebagai salah satu excavator tambang memiliki cara kerjanya tersendiri dan fungsi khusus untuk membantu proyek pertambangan jadi lebih efisien.

Bucket Wheel Excavator adalah salah satu jenis alat berat yang memiliki ukuran sangat besar. Penggunaan alat inipun biasanya diperuntukkan pada proyek konstruksi berskala besar. Diberi nama Bucket Wheel Excavator karena alat berat satu ini memiliki roda berbentuk ember yang terpasang pada bagian ujung lengan pendorongnya. Yuk simak beberapa fungsinya.

  1. Untuk penggalian lahan

Penggalian lahan merupakan fungsi utama dari Bucket Wheel Excavator. Penggalian lahan yang biasanya dari permukaan tanah atau bahkan menggali bahan yang berasal dari tambang seringkali dilakukan dengan alat ini. Bucket Wheel Excavator sering dipilih karena kapasitas angkutnya yang sangat besar, sehingga penggalian dalam jumlah besar dapat dilakukan dengan waktu yang begitu singkat. Alasan tersebut yang membuat Bucket Wheel Excavator sering digunakan di proyek tambang yang terbuka.

  1. Pemindahan material

Selain menggali bahan dan lahan yang ada, Bucket Wheel Excavator juga berguna untuk memindahkan hasil galian material yang ada ke conveyor belt atau alat angkut lainnya yang akan membawa material lahan atau bahan tambang tersebut. Bahan tambang yang diangkut biasanya akan dibawa ke tempat pengolahan. Dengan kapasitasnya yang begitu besar, pemindahan material dalam jumlah besar dapat dilakukan, hal inilah yang membuat pengerjaan tambang jadi lebih efisien dan dan aktivitas produksi bisa berjalan lebih optimal.

  1. Penanganan lahan

Selain menggali lahan, Bucket Wheel Excavator juga dapat digunakan untuk menangani lahan. Hal ini karena Bucket Wheel Excavator memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mengangkut lahan atau material yang ada, sehingga penanganan lahan dapat dilakukan dengan lebih efisien dan tepat waktu.

  1. Reklamasi tanah

Bucket Wheel Excavator juga sering digunakan untuk proses reklamasi tanah pada wilayah tertentu, terutama wilayah bekas tambang. Hal ini karena Bucket Wheel Excavator dapat membersihkan dan meratakan area dengan cepat. Tentu saja ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi di lokasi agar lebih aman digunakan oleh para pekerja. Area yang telah diratakan tadi juga memudahkan proses perluasan lahan untuk reklamasi tanah.

  1. Pembuatan terowongan.

Dalam skala besar, mesin ini juga digunakan untuk proses pembuatan terowongan. Karena memiliki ukuran dan kapasitas yang besar, proses pengerjaan dapat dilaksanakan dengan lebih efisien. Terowongan ini biasanya dibuat untuk mempermudah akses para pekerja tambang atau mempermudah proses konstruksi nantinya.

Itu dia manfaat dari penggunaan Bucket Wheel Excavator, kita dapat mengetahui Bucket Wheel Excavator ini memiliki fungsi yang sangat berguna dalam proyek konstruksi berskala besar. Namun kekurangan dari alat berat ini adalah harganya yang sangat mahal dan hanya cocok digunakan pada jenis lahan tertentu saja. Selain itu, konsumsi bahan bakar atau energi yang diperlukan juga cukup besar.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *